Mazmur 3:1-9

 

SUMBER PERTOLONGAN

“Nama TUHAN adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat.”

(Amsal 18:10)

 

Menghadapi pergumulan yang berat, ada dua kemungkinan, dapat menjadikan iman kita semakin bertumbuh lebih kuat, atau kebalikannya, batin tertekan, imanpun goyah.

Daud pernah mengalami pergumulan seperti itu yang digambarkannya dengan ungkapan “Betapa banyaknya lawanku”. Padahal lawannya cuma satu, yaitu Absalom anaknya sendiri, si ”musuh dalam selimut” (ayat 1; Band. 2 Samuel 15:1-13). Di samping itu juga ada ”musuh di luar selimut”, yakni rakyat yang berkhianat dan bersekongkol dengan Absalom (ayat 2), serta orang-orang fasik sekitarnya yang menghina, mengejek dan nyaris menggoyahkan imannya kepada Allah (ayat 3). Namun Daud menghadapi pergumulan itu dengan berlari kepada alamat yang tepat, yaitu TUHAN (ayat 2; Band. Amsal 18:10). Sekalipun sempat goyah, tapi Daud tetap menjaga hubungan pribadi dengan Tuhan (ayat 2-8). Ketika orang fasik di sekitarnya menghina, Daud justru terus memuji Tuhan dan berdoa. Hal ini menunjukkan sikapnya yang percaya dan berserah penuh kepada Tuhan. Sikap tersebut membuat iman dan kepercayaannya semakin kokoh, bahwa hanya “dari TUHAN datang pertolongan” (ayat 9a). Pada akhirnya Daud sungguh-sungguh menyaksikan bahwa Tuhan bangkit dan bertindak sebagai Pembela dan Penolong baginya. Tuhan tidak hanya memberinya kekuatan, ketenangan, tapi juga menyelesaikan semua masalahnya dan memberi kemenangan yang luar biasa (ayat 8,9).

Nah Saudara, ada kalanya kita pun mengalami masalah yang sulit untuk diselesaikan sendiri. Dari manakah akan datang pertolongan? TUHAN YESUS! Ya, angkatlah tangan Saudara kepada YESUS, dan biarkan Dia turun tangan menyelesaikannya bagi Saudara! LM

HANYA KRISTUS SUMBER PERTOLONGAN YANG PASTI

 

Sumber Pertolongan