Salam sejahtera dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus,

 

Yth.  Ketua Pendiri/Ketua Pembina YPPII Batu

Yth.  Ketua Umum YPPII Batu

Yth.  Ketua Nasional KTN ke-50 YPPII Batu Tahun 2013

Yth.  Para Pimpinan Lembaga Gereja dan Gerejawi

Yth.  Para Pembicara KTN ke-50 YPPII Batu Tahun 2013

Yth.  Para Peserta KTN ke-50 YPPII Batu Tahun 2013

Yth.  Semua Anggota Panitia Pelaksana KTN ke-50 YPPII Batu 2013

 

Sejak 50 tahun yang lalu, Tuhan mempercayakan kepada Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu (YPPII Batu) suatu bentuk pelayanan makro yang tiada duanya di Indonesia, yakni Kebaktian Tahunan Nasional (KTN). Apa keistimewaan atau keunikan dari Kebaktian Tahunan Nasional (KTN) YPPII Batu, sehingga tetap dirindukan, dinanti-nantikan, didoakan dan diikuti setiap tahun oleh begitu banyak umat Kristiani yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia dan bahkan dari negara-negara tetangga? Jawabannya ialah bukan karena acaranya yang menarik, bukan karena para panitianya yang baik dan ramah, bukan juga karena para pembicaranya yang berkualitas, bukan karena udara kota Batu yang sejuk dan buah apelnya yang “enak”, melainkan karena mereka yang sering bahkan selalu datang adalah mereka yang “dilahirkan” (kembali) secara rohani di KTN YPPII Batu. Karena itu, mengikuti KTN YPPII Batu adalah sama dengan kembali ke kampung halaman, tanah kelahiran mereka secara rohani,  Tidak berlebihan juga, apabila dikemukakan bahwa banyak peserta KTN yang dilahirkan di gereja mereka masing-masing, namun turut dibesarkan di KTN, sehingga mereka pun selalu rindu pulang ke kampung di mana mereka dibesarkan, yakni KTN YPPII Batu.

Apa lagi yang istimewa dari KTN YPPII batu sehingga bisa berlangsung setiap tahun, tanpa setahunpun berhenti selama 50 tahun? Jawabannya ialah bukan hanya karena KTN  YPPII Batu memiliki 5 (lima) keunikan atau keunggulan yang diawali dengan 5 (lima) huruf “i“, yaitu internasional, interdenominasional, intergratif, inspiratif dan inkarnatifnya para panitia, pembicara, dan pesertanya, melainkan juga karena keunikan dari pekerjaan Tuhan yang terus –menerus melakukan baik kepada panitia maupun peserta  hal-hal yang tidak mungkin menjadi mungkin; yang tidak terjangkau menjadi terjangkau, yang tidak ada menjadi ada, yang  ada menjadi yang banyak, yang banyak menjadi yang berkelimpahan. Selain karena semua ini, keistimewaan KTN YPPII Batu juga adalah berkenaan dengan “buah” pekerjaan Tuhan melalui KTN YPPII Batu, dimana para peserta KTN kembali ke tempatnya masing-masing dan menjadi pembawa damai sejahtera bagi keluarganya, gerejanya dan masyarakat di sekitar mereka.

Pada penyelenggaraan KTN YPPII Batu yang ke-50 ini, panitia mengajak semua peserta untuk  ikut “merayakan tahun kesejahteraan”, yaitu merayakan perbuatan Tuhan selama 50 Tahun KTN YPPII Batu. Karena selama 50 tahun itu, karya pembebasan Allah  dialami tidak hanya oleh ribuan peserta KTN dari tahun ke tahun, melainkan juga oleh YPPII Batu sendiri.  Tuhan telah membebaskan kita dari perbudakan dosa. Tuhan telah membebaskan kita dari ikatan kuasa kegelapan. Tuhan telah membebaskan kita dari sakit-penyakit. Tuhan telah membebaskan kita dari banyak kesukaran hidup. Tuhan telah membebaskan kita dari semua bentuk marah-bahaya. Tuhan sudah membebaskan kita dari semua rencana jahat dari orang-orang jahat. Tuhan telah membebaskan kita dari semua tipu daya iblis. Tuhan telah membebaskan kita dari semua tekanan hidup yang berat. Karena itu, marilah kita merayakan Tahun Pembebasan bersama dengan penyelenggaraan KTN YPPII Batu ke-50 (Jubilium).

Atas nama panitia pelaksana KTN YPPII Batu ke-50, perkenankan saya menyambut dengan penuh sukacita semua peserta yang datang dari berbagai latar belakang denominasi gereja yang berbeda, profesi yang berbeda, etnis yang berbeda, tempat yang berbeda di  wilayah Indonesia, bahkan Malaysia. Kita semua berbeda namun dipersatukan di tempat ini untuk satu tujuan yang sama, yakni merayakan perbuatan Tuhan yang telah dan sedang mengarunikan kesejahteraan kepada kita pribadi bagi terwujudkan kesejahteraan keluarga, gereja, masyarakat dan bangsa kita. Saya juga menyambut secara khusus semua pembicara, baik yang datang dari Dalam negeri maupun Luar Negeri, baik yang akan menyampaikan maksud Tuhan dengan dengan uraian tema-tema kebangsaan, kemasyarakatan dan kegerajaan; juga tema-tema biblical expository mengenai Allah, Keselamatan, Gereja, Etika dan Misi; serta tema-tema kebaktian kebangunan rohani baik untuk orang dewasa, remaja, anak-anak, maupun balita dan batita.

Doa dan harapan kami Panitia, kiranya melalui semua bentuk pelayanan kami dan khususnya melalui pemberitaan Firman Tuhan selama KTN berlangsung, semua peserta KTN menerima dan mengalami kesejahteraan yang sepenuhnya dari Allah Tritunggal, Sumber dan Pemberi Kesejahteraan yang Sejati itu, sehingga kita pun dapat menjadi “alat” di tangan Tuhan yang membagi (share) kesejahteraan kepada negeri kita, bangsa Indonesia, masyarakat dan gereja kita, keluarga dan sahabat-sahabat kita, secara khusus bagi sesama kita yang berada di bawah garis kesejahteraan. Akhirnya, marilah kita menyatakan bahwa “Kemuliaan KTN 2013 adalah bagi Allah Tritunggal dan Kesejahteraan KTN 2013 adalah bagi Kita Sekalian, Amin”.

                                                                                                  Dr. Stevri Indra Lumintang, D.Th.,Th.D

Sambutan Ketua Pelaksana YPPII Batu