2 Samuel 9:1-13

JANJI YANG DITEPATI

“Maka aku akan menunjukkan kasihku kepadanya oleh karena Yonatan.”

2 Samuel 9:1

 

            Ketika anak kami mengalamai kecelakaan lalulintas, maka ada perjanjian dari si penabrak akan menggantikan sebagian biaya perawatan. Namun sayang sekali, bahwa janji yang ditandatanganinya tinggallah janji kosong.

            Firman Tuhan yang kita baca hari ini bukanlah sesuatu janji kosong. Daud telah mengikat janji dengan Yonatan anak Saul. Sekalipun Saul dan Yonatan telah tewas namun Daud mengingat janjinya. Itulah sebabnya ia mencari apakah ada keluarga Saul yang masih hidup. Tidak kebetulan bahwa anak Yonatan yang bernama Mefiboset masih tersisa. Maka Daud mengambilnya dan mendapat perhatian istimewa untuk makan sehidangan dengan raja di Yerusalem. Daud amat menjunjung tinggi dengan janjinya kepada Yonatan sehingga  ia menepatinya.

            Dalam hidup kita seringkali kita jumpai bahwa ada banyak janji di antara sesama. Ada banyak janji yang disepakati oleh kedua pihak tetapi seringkali berakhir dengan kekecewaan. Khusus bagi pasangan suami-isteri ketika mengucapkan janji nikah mereka tapi berakhir kepada pertengkaran dan perceraian. Masing-masing kita pasti mempunyai pengalaman dengan masalah janji. Kita bersyukur bahwa kita memiliki janji yang kita peroleh dalam Yesus Kristus dan tidak pernah diingkari. -HR-

ORANG YANG BERJANJI JUGA BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MEMENUHINYA

Janji Yang Ditepati