Mikha 1:1                                      

 

TUHAN MEMAKAI SAUDARA

“Firman TUHAN yang datang kepada Mikha, orang Moresyet, pada zaman Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda…”

Mikha 1:1

       Mikha adalah seorang yang dipanggil secara istimewa oleh Tuhan untuk bernubuat bagi Yehuda dan Israel. Mengapa seseorang seperti Mikha dapat dipakai oleh Allah?

1.   Karena Mikha bersedia taat kepada panggilan Tuhan. Mikha berasal dari keluarga yang sederhana, dari rakyat jelata, dan ia berprofesi sebagai petani. Sekalipun demikian Allah memanggil dan memakainya untuk menyampaikan suara kenabian kepada para pembesar dan bangsawan bahkan di kalangan kerajaan.

2.   Karena Mikha sungguh-sungguh bergumul untuk nasib bangsanya. Mikha bernubuat pada zaman raja Yotam, Ahas dan Hizkia. Di mana pada waktu itu kejahatan merajalela, moralitas bangsa merosot akibat dari kemorosotan spiritual yang terjadi. Bukan saja raja-rajanya, kemerosotan rohani dan kebejatan moral itu menular kepada para bawahannya.

3.   Karena Mikha adalah seorang yang jujur. Hal ini terbukti bahwa ia menyampaikan firman Tuhan secara murni. Firman Tuhan yang murni bukan sekedar berita penghukuman atas dosa bangsanya, tetapi juga berita pemulihan bagi yang bertobat. Firman Tuhan itu adalah suatu penghiburan. Firman Tuhan itu juga merupakan pengharapan dan janji yang pasti digenapi.

Marilah bersama-sama kita mencontohi nabi Mikha   menjadi utusan-utusan Tuhan yang taat, berbelas kasihan  kepada jiwa-jiwa yang tersesat dan dengan jujur menyatakan firman Tuhan. -LM-

 

Tuhan mau memakai kita untuk menggenapi rencana-Nya

Tuhan Memakai Saudara