Kebaktian Tahunan (KT) pertama YPPII dimulai tahun 1964 di Batu dengan didahului oleh retreat para hamba Tuhan tanggal 6-9 Maret 1964 di Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur, dengan peneguhan pelayanan YPPII dengan Yesaya 45:2-3 melalui Bapak Petrus Octavianus (kini: Pdt. DR. Petrus Octavianus, DD, Ph.D). KT YPPII itu bersifat antar-gereja, dan antar-suku, serta antar-bangsa. Dalam tahun 1978, KT menjadi semakin meluas daya cakup dan jangkauan, baik nasional maupun internasional, sehingga diselenggarakan di Balai Persekutuan (Convention Hall) “Bukit Zaitun” YPPII Batu, dan berubah namanya menjadi “Kebaktian Tahunan Nasional” (KTN) YPPII Batu.

KTN YPPII Batu tetap diadakan setiap tahun secara terus menerus. Dalam sejarah dunia, hanya ada tiga Kebaktian Tahunan yang berlangsung lebih dari 10 tahun, bahkan sampai saat ini, yakni:
1. Di Inggris yang dikenal dengan KESWICK CONVENTION, dan telah berdiri sejak tahun 1875, jadi sudah lebih dari 138 tahun, ketika Inggris masih menjadi Inggris Raya yang menjajah dunia. Bapak Petrus Octavianus sudah dua kali diundang menjadi pembicara utama (1987 dan 1992) dalam kebaktian KESWICK CONVENTION.
2. Di Amerika Serikat yang dikenal dengan nama NATIONAL PRAYER BREAKFAST (NPB), dan telah berlangsung sejak 60 tahun silam (diadakan sejak Presiden D. Eisenhower, 1953). Pada tanggal 04 Juli 1976, dalam rangka perayaan 200 tahun kemerdekaan Amerika Serikat , Bapak Petrus Octavianus diundang menghadirinya. Sejak saat itu sampai saat ini, beliau terus diundang menghadiri NPB di USA setiap tahun.
3. Di Indonesia yang dikenal dengan nama KEBAKTIAN TAHUNAN NASIONAL atau NATIONAL ANNUAL CONVENTION diprakarsai dan didirikan oleh bapak Petrus Octavianus. Latar belakangnya diawali oleh penetapan pelayanan dengan firman Tuhan, Yesaya 45:2-3, kepada YPPII melalui vision yang diterima pak Octav 09 Maret 1964 di Nongkojajar.

Dalam sejarah dunia, terdapat tiga kata/frase yang mewakili kesamaan makna, yakni:
1. VISI (FILSAFAT). Filsuf Yunani, Plato (427-347 sM) dikenal dengan Teori Dua Dunia (Dunia Ide atau VISI, dan Dunia Nyata). Plato dikenal dengan ungkapannya yang termashur: “KESENGSARAAN DUNIA TIDAK AKAN BERAKHIR SEBELUM FILSUF MENJADI RAJA ATAU RAJA MENJADI FILSUF.”
2. IDEOLOGI BANGSA / “Benang Merah” adalah frase yang sangat mengena dengan sejarah lahirnya bangsa dan negara Amerika Serikat (AS). Pada tanggal 04 Juli 1776, Presiden George Washington mengeluarkan pernyatan yang sangat terkenal di kemudian hari: “MARI KITA BANGUN BANGSA BARU, USA, YANG TERDIRI DARI BANGSA-BANGSA. JANGAN LAGI KITA TERIKAT DENGAN BANGSA DARI MANA KITA BERASAL.”
3. FIRMAN ALLAH atau “Rahasia Allah” dibukakan kepada seseorang yang dipercayai Allah (1 Korintus 4:1-2). Rahasia Allah inilah yang telah diimplementasikan oleh Pdt. DR. Petrus Octavianus sehingga KTN YPPII Batu tetap berlangsung hingga saat ini, KTN ke-51 YPPII Batu (1964-2014).

Rahasia Allah itu diterima dengan iman, diberikan kepada sekelompok kecil orang. Rahasia Allah inilah yang membuat KTN YPPII Batu tetap berlangsung. Juga berkat ilmu manajemen Allah (Lukas 14:28-30), dan strategi Allah (Lukas 14:31-33) yang secara bersama-sama dan diimani menghasilkan KTN yang berkembang luas. KTN YPPII Batu dihadiri oleh para pimpinan dan warga Gereja/Lembaga Gerejawi dari berbagai denominasi. Pesertanya berasal dari hampir seluruh daerah di Indonesia dan manca negara. Peserta KTN terdiri dari segala tingkatan usia, dan dari berbagai strata social.

KTN YPPII Batu menyajikan acara Kebaktian, Penyelidikan Alkitab, Kebaktian Kebangunan Rohani, Wawasan Kebangsaan, Malam Lintas Budaya, dan lain-lain. Beberapa pokok bahasan yang aktual dan relevan bagi kepentingan umat Kristiani, kepentingan bangsa Indonesia, dan kepentingan kemanusiaan disajikan dalam KTN YPPII tiap tahun, juga dalam KTN tahun 2014 ini. Sampai saat ini, KTN YPPII Batu terselenggara hanya oleh anugerah, perlindungan, dan penyertaan Tuhan. Sejak 21 Agustus 1978 sampai sekarang, KTN YPPII Batu dibuka dan diresmikan oleh Tokoh Nasional dan Tokoh-tokoh Agama, pejabat/petinggi Pemerintahan Pusat (menteri atau Panglima ABRI) bahkan sampai Presiden ke-4 RI KH DR. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), pada hari Kamis, 29 Juni 2000. Tiap tahun dihadiri sejumlah antara 2500-3500 orang dari seluruh Indonesia, dari berbagai tingkat atau strata sosial dalam masyarakat, dan dari tingkat usia balita sampai usia lanjut. Dalam sejarah KTN YPPII Batu, pernah dua kali dilangsungkan secara internasional, ialah tahun 1968 dengan peserta dari 50 negara dan tahun 1985 dengan peserta dari 60 negara.

KTN ke-54 YPPII Batu tahun 2017 akan berlangsung di Batu, 04 Juli – 09 Juli 2017, dengan tema:

                      “KASIH ALLAH YANG MEMULIHKAN” (Yohanes 3:16)
    sub: “HIDUPKU UNTUK TUHAN DAN SESAMA MENYATAKAN KASIH ALLAH BAGI BANGSA-BANGSA”

Seperti telah diadakan setiap tahun, KTN YPPII Batu tahun ini juga menyajikan acara Saat Teduh (pagi), Uraian Tematis dan Ceramah Khusus, dengan topik-topik aktual. Selain pertemuan pleno, juga diadakan pertemuan kelompok minat (Interest Group), Kelompok Dewasa: untuk bapak dan ibu, Kelompok Pemuda/Remaja, Kelompok Tunas Remaja, Kelompok Anak, Kelompok Balita dan Batita. Dengan hadirnya KTN YPPII BAtu, maka hubungan YPPII Batu dengan pemerintah dan masyarakat setempat menjadi akrab. Juga dengan berbagai denominasi Gereja dan Lembaga Gerejawi. Sampai sekarang KTN YPPII Batu, turut mempromosikan Kota Wisata Batu, Jawa Timur (kota Wisata Nasional ke-3 setelah Bali dan Yogyakarta) bahkan Indonesia, antara lain dalam aspek percaturan ekonomi dan wisata nasional serta internasional.
Demikian sejarah singkat Kebaktian Tahunan Nasional YPPII Batu.

SOLI DEO GLORIA
Segala Kemuliaan Hanya Bagi Tuhan